Your search results

Jadilah Pembeli Properti Yang Smart

Posted by Net Propertindo on Agustus 17, 2015
| 0

Home-Buying-Real-Estate

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli Property, ada baiknya mempelajari beberapa persyaratan dan prosedur yang harus kita pahami agar proses kepemilikan rumah berjalan dengan lancar. Membeli Property ternyata tidak semudah proses jual beli kendaraan bermotor atau logam mulia.

Apa persyaratan yang harus Anda pahami sebelum melakukan proses jual beli property ?

Pahami hukum jual beli properti

Tak dapat dipungkiri, masih banyak orang yang awam dengan jual beli properti. Namun informasi mengenai bagaimana aturan dan payung hukum jual beli propertimakin banyak dan mudah dicari. Jika calon pembeli paham, tentunya mereka bisa tetap kritis dalam memilih developer perumahan yang diinginkan.

Periksa kredibilitas dan reputasi si developer

Hal ini juga sangatlah penting dilakukan calon pembeli. Alangkah lebih baik jika anda memilih developer yang sudah terkenal sepak terjangnya. Umumnya, para developer yang sudah mapan memiliki banyak sumber dana, sehingga risiko keterlambatan pembangunan rumah yang telah dijanjikan cukup kecil. Anda juga bisa memeriksa reputasi si developer beberapa lembaga atau organisasi di bidang properti juga yang telah bekerja sama dengan bank.

Pastikan legalitas tanah dan IMB-nya

Anda sebagai calon pembeli mempunyai hak untuk bertanya sebanyak-banyaknya mengenai properti yang akan dibeli. Pastikan pula bahwa area tanah yang akan dibangun tersebut telah terbit sertifikat induknya. Tak lupa juga mengenai Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di tanah tersebut.

Cermati Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB)

Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) merupakan pegangan anda dalam membeli rumah. Di dalam PPJB terdapat penjelasan spesifikasi rumah, harga, cara pembayaran, serah-terima rumah, pemeliharaan rumah, lengkap dengan hak dan kewajiban masing-masing, serta sanksi-sanksinya. Maka itu PPJB harus betul-betul dicermati dan dipahami sebelum ditandatatangani.

Tandatangani akta jual beli di PPAT

Sesudah serah terima properti dan pembayaran kepada developer selesai tanpa masalah, tahap terakhir adalah penandatanganan akta jual beli. Lazimnya prosedur penandatanganan akta jual beli ini telah tertera di PPJB.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings